Jum. Mei 29th, 2020

Indometro News

Cyber News Akurat,Faktual dan Realistis

Pemkot Tangerang Bakal Bentuk Satgas Anti Rentenir Untuk Bantu Warga Bebas Jeratan Utang

2 min read

Bantu Warga Bebas Jeratan Utang, Pemkot Tangerang Bakal Bentuk Satgas Anti Rentenir
Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah. ©2020 Merdeka.com

Indometronews.com – Maraknya bank keliling yang menjerat masyarakat Kota Tangerang, membuat Pemkot Tangerang terus melakukan antisipasi, salah satunya rencana pembentukan Satgas Anti Rentenir. Rencana tersebut muncul setelah jajaran Pemkot Tangerang melakukan studi banding ke Dinas Koperasi dan UMKM Kota Bandung baru-baru ini.

Satgas ini nantinya akan menyusun program di antaranya sosialisasi, penyadaran dan mengedukasi kepada masyarakat. Tak hanya itu, melalui Satgas ini juga Pemkot Tangerang akan melakukan advokasi dan mediasi, dan memfasilitasi korban rentenir keluar dari jeratan utang.

Pemkot Tangerang akan melakukan kolaborasi dengan berbagai stakeholder yang memiliki kepedulian terhadap pengembangan ekonomi masyarakat. Adapun anggota Satgas sendiri akan terdiri dari penggiat anti rentenir. Ada unsur pemerintah daerah, koperasi syariah, Dewan Masjid Indonesia, Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia, sampai dengan Lembaga Bantuan Hukum.

Asisten Ekonomi Pembangunan dan Kesejahteraan Rakyat (Ekbangkesra) Setda Kota Tangerang Indri Astuti mengatakan, pihaknya masih mengkaji terlebih dahulu dengan beberapa OPD (Organisasi Perangkat Daerah) dan instansi terkait.

“Dengan adanya Satgas Anti Rentenir di Kota Tangerang, diharapkan dapat meminimalisir warga terjebak utang ke rentenir. Banyak warga yang terjebak rentenir, karena kemudahan akses pinjam uang,” ujarnya.

Program EMAS untuk UMKM

Sementara itu, Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah mengatakan, pihaknya telah membuat Program Emas bagi warga Kota Tangerang yang ingin membangun UMKM tanpa harus terjerat utang rentenir.

Untuk membantu modal usaha kepada masyarakat dalam bentuk pinjaman syariah tanpa bunga, Pemkot Tangerang telah meluncurkan Program Ekonomi Masyarakat Sejahtera (EMAS) pada Desember 2019 lalu. Program EMAS merupakan komitmen Pemkot Tangerang untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat.

Program EMAS, diluncurkan untuk membantu modal usaha kepada masyarakat Kota Tangerang dalam bentuk pinjaman syariah (tanpa bunga), hanya membayar biaya admin sebesar 3 persen dengan minimal peminjaman 500 ribu sampai dengan 2 juta rupiah dengan batas waktu 6-24 bulan.

“Program ini untuk membantu modal usaha masyarakat dalam bentuk pinjaman syariah tanpa bunga,” jelasnya.

Melalui program yang diinisiasi Dinas Koperasi, Usaha Kecil, dan Menengah (UKM) Kota Tangerang ini, Arief berharap program EMAS ini digunakan untuk masyarakat yang baru memulai usaha atau yang sudah mempunyai usaha baik dari mikro yang nantinya bisa berkembang ke kecil lalu menengah.

“Mudah-mudahan masyarakat Kota Tangerang menjadi masyarakat sejahtera dan program ini bisa dirasakan manfaatnya dan niatkan usaha kita ini sebagai ibadah serta menciptakan lapangan pekerjaan bagi lingkungan sekitar,” harapnya.

    Artikel Ini Di Dapat Dari merdeka.com

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *