Rab. Apr 1st, 2020

Indometro News

Cyber News Akurat,Faktual dan Realistis

Sensus Penduduk Online Diadakan Bersamaan Dengan Car Free Day (CFD)

2 min read
Cara Pemko Medan Manfaatkan Car Free Day (CFD) untuk Sensus Penduduk Online, Akhyar Dikerumini Warga
Pemko Medan menggelar kegiatan Pengisian Bersama Sensus Online Tahun 2020 di Lapangan Merdeka. Tribun medan/Gita T

Indometronews.com – Ada yang berbeda di Car Free Day (CFD) kali ini, tidak hanya menjadi sarana berolahraga, namun CFD kali ini dimanfaatkan Pemko Medan untuk mensosialisasikan sensus penduduk secara online.

Bekerjasama dengan Badan Pusat Statistik (BPS) Medan, pemko menggelar kegiatan Pengisian Bersama Sensus Online Tahun 2020 bersama ribuan warga.

Kepala BPS Medan, Dra Enny Nuryani Nasution, mengatakan Kegiatan di Lapangan Merdeka ini kian menyukseskan Sensus Penduduk Online secara mandiri yang telah dimulai sejak 15 Februari sampai 31 Maret 2020.

“Kita bukan hanya sosialisasi, mengimbau, tetapi pada hari ini kita juga mendampingi masyarakat untuk mengisi datanya. Bagi masyarakat yang tidak membawa gadget, kita juga membawa laptop,” katanya, Minggu (23/2/2020).

Enny juga mengatakan, andai pada masa Sensus Penduduk Online ini warga tidak mengisi data, maka petugas sensus akan melakukan pendataan langsung atau door to door pada bulan Juni mendatang.

“Untuk melakukan Sensus Penduduk Online, warga tinggal masuk ke laman resmi https://sensus.bps.go. id/login. Kemudian muncul halaman layanan login Sensus Penduduk. Untuk mendaftar, siapkan terlebih dahulu data Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan Nomor Kartu Tanda Penduduk (KTP). Selanjutnya isi data NIK dan KTP pada kolom yang terletak di bagian kanan bawah, lalu masukkan kode captcha yang tertera dalam laman, kemudian klik tombol Cek Keberadaan,” katanya.

Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Medan H Akhyar Nasution mengimbau warga untuk memberikan data pokok kepedudukan yang sebenarnya pada program Sensus Penduduk Online secara mandiri.

Di hadapan ribuan pengunjung, Akhyar mengatakan bahwa Sensus Penduduk ini sangat penting agar pemerintah tidak salah dalam mengambil kebijakan.

“Kami mohon berikan data yang sebenar sehingga pemerintah tidak salah dalam mengambil kebijakan. Keadaan masyarakat bisa dilihat secara nyata melalui sensus ini,” kata Akhyar

Sebelumnya, Kepala BPS Sumut, Dr Syech Suhaimi mengungkapkan rasa terima kasih kepada Pemko Medan yang mendukung pelaksanaan sensus mandiri secara online.

Artikel Ini Di Dapat Dari medan.tribunnews.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *